Kamis, 20 November 2014

Perlengkapan Kantor



ADMINISTRASI PERKANTORAN

A.PERLENGKAPAN KANTOR
Pengertian Perlengkapan kantor
Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang dipergunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan yang diharapkan.
Kegunaan Perlengkapan Kantor :
  • Untuk menunjang aktivitas pekerjaan kantor
  • Mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor
  • Memperoleh hasil yang lebih maksimal,baik dan memuaskan
  • Sebagai aset dan pelengkap kantor
B.Istilah-istilah perlengkapan kantor:
1. Perbekalan Tata Usaha adalah semua perbekalan ataupun peralatan yang berupa barang-barang kantor yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha pencapaian tujuan organisasi.
Jenis-jenis perbekalan tata usaha:
-          Barang lembaran, misalnya kertas, karton, karbon dan berkas
-          Alat tulis kantor (ATK), misalnya pensil, pilpen, dan cap nomor
-          Perabot kantor, misalnya meja, lemari, dan peti besi
-          Perlengkapan lainnya, misalnya lampu, Kipas angin dan AC
2. Mesin-mesin Kantor
Macam-macam mesin kantor:
-          Mesin tik
-          Mesin dikte
-          Mesin hitung
-          Mesin keperluan surat menyurat
-          Mesin komunikasi
-          Mesin Pengganda Warkat
3. Peralatan Kantor
Pengertian peralatan kantor
Peralatan kantor adalah segenap alat yang dipergunakan dalam pekerjaan tata usaha.
Menurut The Liang Gie, peralatan kantor adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaan sehari-hari oleh pegawai tata usaha.
Macam-macam Peralatan kantor:
Macam-macam peralatan yang bukan mesin kantor, menurut Leffing Well dan Robinsson yaitu:

-          Pena
-          Pensil
-          Gunting
-          Bantalan Cap
-          Kalender meja
-          Cap tanggalan
-          Bak untuk jepitan kertas
-          Blanko-blanko formulir permintaan keperluan tulis menulis
-          Mistar
-          Penghapus pensil


Macam-mcam peralatan yang termasuk mesin-mesin kantor yaitu:
-          Mesin kartu berulang (Punched card machines)
-          Mesin jumlah (adding machines)
-          Mesin hitung (calculating machines)
-          Mesin pengganda (reproducing machines)
-          Mesin labelMesin pembuka sampul surat (letter openers)
-          Mesin penghimpun lembar stensil (collator)
-          OHP (over head projector)
-          Mesin Fotokopi
4. Perabot kantor
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu, yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Macam-macam perabot kantor, yaitu:
-          Meja tulis, meja mesin tik dan komputer
-          Kursi
-          Lemari yang dapat dikunsi
-          Rak buku/arsip
5. Pesawat kantor
Pesawat kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk mengadakan komuniksi, baik di lingkungan sendiri maupun dengan lingkungan di luar kantor.
Keuntungan adanya pesawat komunikasi di dalam kantor:
-          Meningkatkan produktivitas kerja
-          Mempercepat proses pekerjaan
-          Penyampaian komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan efisien
6.Alat Bantu Peraga
Alat bantu peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dengan pendengar/peerta.
Fungsi alat bantu peraga, yaitu:
-          Membantu penyaji dalam mengarahkan isi penyajian
-          Menimbulkan perhatian
-          Menghemat waktu karena proses pendalaman/pemahaman dapat berjalan dengan lancar dan mudah
-          Mendorong untuk berfikir dan bertindak
-          Menghindarkan verbalisme/penggunaan kata yang berlebihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar